Breaking News

Struktur Kurikulum Madrasah Ibtidaiyah (MI) Berdasarkan KMA 450 Tahun 2024

Struktur kurikulum Madrasah Ibtidaiyah berdasar KMA 450 Tahun 2024 adalah sebagai berikut.

Alokasi waktu mata mata pelajaran Madrasah Ibtidayah Kelas 1 (asumsi 1 tahun = 36 minggu dan 1 JP = 35 menit)

Mata PelajaranKelas 1
Alokasi Intrakurikuler Per TahunAlokasi P5RA Per TahunTotal JP
Al-Quran   Hadis72
72
Akidah Akhlak72
72
Fikih72
72
Sejarah Kebudayaan Islam


Bahasa Arab72
72
Pendidikan Pancasila14436180
Bahasa Indonesia21636252
Matematika144
144
Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial


Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan10836144
Seni dan Budaya
     1. Seni Musik
     2. Seni Rupa
     3. Seni Teater
     4. Seni Tari
10836 144
Bahasa Inggris


Total JP Mapel Wajib1008144 1152
Muatan Lokal72-216
72-216
Total JP1080-1224144 1224-1368

Alokasi waktu mata mata pelajaran Madrasah Ibtidayah Kelas 2 (asumsi 1 tahun = 36 minggu dan 1 JP = 35 menit)

Mata PelajaranKelas 2
Alokasi Intrakurikuler Per TahunAlokasi P5RA Per TahunTotal JP
Al-Quran   Hadis72
72
Akidah Akhlak72
72
Fikih72
72
Sejarah Kebudayaan Islam


Bahasa Arab72
72
Pendidikan Pancasila14436180
Bahasa Indonesia25236288
Matematika18036216
Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial


Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan10836144
Seni dan Budaya
     1. Seni Musik
     2. Seni Rupa
     3. Seni Teater
     4. Seni Tari
10836 144
Bahasa Inggris


Total JP Mapel Wajib1080180 1260
Muatan Lokal72-216
72-216
Total JP1152-12961801332-1476

Alokasi waktu mata mata pelajaran Madrasah Ibtidayah Kelas 3, 4, dan 5 (asumsi 1 tahun = 36 minggu dan 1 JP = 35 menit)

Mata PelajaranKelas   3, 4, dan 5
Alokasi Intrakurikuler Per TahunAlokasi   P5RA Per TahunTotal   JP
Al-Quran   Hadis72
72
Akidah Akhlak72
72
Fikih72
72
Sejarah Kebudayaan Islam72
72
Bahasa Arab72
72
Pendidikan Pancasila14436180
Bahasa Indonesia21636252
Matematika180
180
Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial18036216
Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan10836144
Seni dan Budaya
     1. Seni Musik
     2. Seni Rupa
     3. Seni Teater
     4. Seni Tari
10836 144
Bahasa Inggris72
72
Total JP Mapel Wajib13681801548
Muatan Lokal72-216
72-216
Total JP1440-15841801620-1764

Alokasi waktu mata mata pelajaran Madrasah Ibtidayah Kelas 6 (asumsi 1 tahun = 32 minggu dan 1 JP = 35 menit)

Mata PelajaranKelas 6
Alokasi Intrakurikuler Per TahunAlokasi P5RA Per TahunTotal JP
Al-Quran   Hadis64
64
Akidah Akhlak64
64
Fikih64
64
Sejarah Kebudayaan Islam64
64
Bahasa Arab64
64
Pendidikan Pancasila12832160
Bahasa Indonesia19232224
Matematika160
160
Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial16032192
Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan9632128
Seni dan Budaya
     1. Seni Musik
     2. Seni Rupa
     3. Seni Teater
     4. Seni Tari
9632 128
Bahasa Inggris64
64
Total JP Mapel Wajib1216160 1376
Muatan Lokal72-216
72-216
Total JP1288-1432160 1448-1592

Keterangan:

  • Asumsi 1 tahun = 36 minggu (untuk kelas I - V) dan 32 minggu (kelas VI)
  • 1 JP = 35 menit
  • Mata Pelajaran Seni dan Budaya; madrasah menyediakan 1 minimal 1 jenis seni (seni musik, seni rupa, seni teater, seni tari). Peserta didik memilih 1 jenis seni
  • Muatan Lokal; paling sedikit 72 JP per tahun dan paling banyak 216 JP per tahun

 Implementasi struktur Kurikulum MI dilaksanakan dengan ketentuan:

  • Layanan bimbingan dan konseling dilaksanakan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan mengenai bimbingan dan konseling.
  • Muatan lokal merupakan muatan pembelajaran yang sesuai dengan kekhasan Madrasah, tipologi Madrasah, potensi, dan keunikan lokal berupa:
  1. keagamaan
  2. seni budaya;
  3. prakarya;
  4. pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan;
  5. bahasa;
  6. teknologi; dan
  7. riset.
  • Muatan lokal dapat dilaksanakan pada Madrasah melalui:
  1. pengintegrasian ke dalam mata pelajaran lain;
  2. pengintegrasian ke dalam tema P5RA; dan/atau
  3. mata pelajaran yang berdiri sendiri.
  • Peserta Didik yang memiliki potensi kecerdasan istimewa dapat diberikan percepatan pemenuhan beban belajar dan/atau pendalaman dan pengayaan Capaian Pembelajaran terkait Kurikulum Merdeka  sebagai layanan individual dan bukan dalam bentuk rombongan belajar.
  • Madrasah dapat melakukan penambahan dan/atau relokasi jam pelajaran sesuai dengan hasil analisis Capaian Pembelajaran dan ketersediaan waktu di Madrasah.
  • Madrasah penyelenggara pendidikan inklusif
  • Madrasah penyelenggara pendidikan inklusif menambahkan mata pelajaran program kebutuhan khusus sesuai dengan kondisi Peserta Didik.
  • Tim P5RA di Madrasah terdiri atas koordinator dan fasilitator, dengan ketentuan:
    • P5RA dalam 1 (satu) tahun ajaran dilaksanakan 2 (dua) sampai dengan 3 (tiga) projek dengan tema berbeda;
    • Guru mata pelajaran yang alokasi waktu P5RA dialihkan, dapat menjadi fasilitator setara dengan 1 (satu) JP per rombongan; dan 
    • beban belajar sebagai koordinator projek P5RA setara dengan 2 (dua) jam tatap muka per 1 (satu) rombongan belajar setiap tahun untuk pemenuhan jam tatap muka paling sedikit 24 (dua puluh empat) jam tatap muka per minggu dan paling banyak mengampu 3 (tiga) rombongan belajar.

 

 

No comments